Post Top Ad

CARI INFORMASI DISINI

Artikel Perang Dunia Ke II - MAKALAH SEJARAH KELAS X

Secara spesifik dan wilayah filosofis, perang merupakan turunan sifat dasar manusia yang tetap sampai sekarang memelihara dominasi dan persaingan sebagai sarana memperkuat eksistensi diri dengan cara menundukkan kehendak pihak yang dimusuhi. Dengan mulai secara psikologis dan fisik, dengan melibatkan diri sendiri dan orang lain, baik secara kelompok atau bukan.



Perang dapat mengakibatkan kesedihan dan kemiskinan yang berkepanjangan, dan juga dapat menimbulkan banyak pengaruh terhadap kelompok yang dimusuhi atau kelompok yang berada disekitarnya. Pengaruh tersebut dapat berbentuk pengaruh positif bahkan pengaruh negatif, tergantung pada sudut pandang orang yang melihatnya. Perstiwa Perang yang berpengaruh besar terhadap banyak manusia, terjadi pada masa lalu, dan hanya terjadi satu kali saja dapat disebut sebagai sejarah.

Sebagai contoh Perang Dunia II, perang dunia II merupakan sebuah perang global yang berlangsung mulai tahun 1939 sampai 1945. Perang ini melibatkan banyak sekali negara di dunia  termasuk semua kekuatan besar yang pada akhirnya membentuk dua aliansi militer yang saling bertentangan yaitu Sekutu dan Poros.

Perang ini merupakan perang terluas dalam sejarah yang melibatkan lebih dari 100 juta orang di berbagai pasukan militer. Dalam keadaan "perang total", negara-negara besar memaksimalkan seluruh kemampuan ekonomi, industri, dan ilmiahnya untuk keperluan perang, sehingga menghapus perbedaan antara sumber daya sipil dan militer.

Ditandai oleh sejumlah peristiwa penting yang melibatkan kematian massal warga sipil, termasuk Holocaust dan pemakaian senjata nuklir dalam peperangan, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 50 juta sampai 70 juta jiwa.

Jumlah kematian ini menjadikan Perang Dunia II konflik paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia. Pada umumnya negara-negara yang terlibat perang mengalami kehancuran ekonomi. Untuk itu mereka berusaha bangkit dengan cara yang diktator dan mengembangkan paham ultranasionalisme. Dari paham ultranasionalisme tersebut lahir negara-negara fasis. Negara-negara fasis yang muncul yaitu Jerman, Italia, dan Jepang.

Daftar Artikel Perang Dunia 2


No comments:

Post a Comment