Buktikan Ancamannya, Uang Haram TRUMP akan Terpotong untuk 128 Negara - PORTALJIHAD

Buktikan Ancamannya, Uang Haram TRUMP akan Terpotong untuk 128 Negara

Sekitar 128 negara yang mendukung resolusi PBB menolak klaim AS bahwa Yerusalem merupakan ibu kota Israel, akan terancam. "Trump merasa terhina dengan penolakan 128 itu,"Bernama memberitakan.

Karenanya, Trump mengancam bakal mencabut atau mengurangi bantuan uang dari AS untuk negara-negara tersebut. AS mengambil langkah drastis dengan memotong sumbangan negara itu kepada PBB atas alasan ingin menjadikan badan dunia tersebut lebih efisien, selain menjaga kepentingan AS.

Anggaran PBB kini berada dalam sorotan AS, kata seorang pegawai badan dunia itu kepada Bernama--kantor berita Malaysia, Rabu (27/12/2017). Keputusan itu lebih jelas saat Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley, mengeluarkan pernyataan bahwa AS memotong lebih US$285 juta dari anggaran PBB.

Hingga akhirnya diputuskan menetapkan anggaran PBB pada 2018-2019 sebanyak US$5.4 miliar. “Kami tidak akan membiarkan kemurahan hati rakyat Amerika dimanfaatkan atau tanpa batasan,” kata Haley.

“Anda boleh melihat kami akan terus mencari jalan untuk meningkatkan efisiensi PBB dan pada masa yang sama, melindungi kepentingan kami.” Uang, pada dasarnya, bakal menjadi kunci untuk mencapai misi objektif AS dalam badan dunia itu.

Masalah ini telah dijelaskan ketika Haley mengambil alih jabatan sebagai Duta AS pada awal 2017. Dia memberikan catatan kepada badan dunia itu bahwa bakal ada “perubahan dalam cara kami beroperasi.”

AS adalah kontributor terbesar dalam anggaran PBB, yang 22 persen dihitung berdasarkan kekuatan ekonominya sebagaimana didefinisikan dalam Piagam PBB. AS telah membayar total US$ 1,2 miliar dari anggaran operasi PBB sebesar US$ 5,4 miliar untuk tahun fiskal 2016-2017.

Sebagai tambahan, AS memberikan bagian terbesar sebesar 28,5 persen dalam anggaran terpisah untuk pasukan penjaga perdamaian PBB sebesar US$ 6,8 miliar untuk tahun 2017-2018. Mengingat bahwa "inefisiensi dan pengeluaran berlebihan oleh PBB telah diketahui," Haley menjelaskan bahwa pemotongan yang harus dicapai adalah "langkah besar di jalur yang benar."

AS juga mencari pemotongan anggaran PBB sebesar US $ 250 juta untuk tahun 2018-19, selain menghemat 200 juta dolar AS.


Haley tidak berhenti begitu jauh dan bahkan memberi peringatan keras kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa.

"Meskipun kami puas dengan pembicaraan anggaran tahun ini, Anda dapat melihat bahwa kami akan terus menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi Perserikatan Bangsa-Bangsa, sementara pada saat yang sama melindungi kepentingan kami," katanya.

No comments

Powered by Blogger.