Shalawat, InsyaAllah Menang - PORTALJIHAD

Shalawat, InsyaAllah Menang

Betapa mulia dan agungnya kedudukan shalawat kepada rasulullah SAW. Sampai-sampai, para malaikat Allah SWT diperintahkan untuk bershalawat. Shalawat oleh para ulama’ disebut sebagai adalah hak Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam yang disyari’atkan Allah Subhanahu wa Ta’ala atas ummatnya adalah agar mereka mengucapkan shalawat dan salam untuk beliau.

Allah Subhanahu wa Ta’ala dan para Malaikat-Nya telah bershalawat kepada beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan kepada para hamba-Nya agar mengucapkan shalawat dan taslim kepada beliau. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

 “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” [Al-Ahzaab: 56]

Diriwayatkan bahwa makna shalawat Allah kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah pujian Allah atas beliau di hadapan para Malaikat-Nya, sedang shalawat Malaikat berarti mendo’akan beliau, dan shalawat ummatnya berarti permohonan ampun bagi beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

 Di antara keutamaan membaca shalawat kepada Nabi SAW adalah sebagai berikut:

1. Allah akan membaca shalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali lipat.
Rasulullah bersabda:"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali saja, maka Allah akan membacakan shalawat kepadanya sepuluh kali." (HR Muslim).

2. Rasulullah SAW akan membaca shalawat untuk dirinya.
"Barangsiapa membaca shalawat untukku, maka shalawatnya akan sampai kepadaku, dan aku akan membaca shalawat untuk dirinya. Selain itu akan dituliskan sepuluh kebaikan untuk dirinya." (aHR Thabrani).

3. Para malaikat akan membaca shalawat untuknya."Barangsiapa membaca shalawat untukku, maka para malaikat akan senantiasa membaca shalawat untuknya selama orang tersebut membaca shalawat untukku." (HR Ahmad, Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Majah).

4. Barangsiapa membaca shalawat untuk Nabi, maka ia akan diangkat derajatnya, ditambah kebaikannya dan dihapuskan keburukannya.

"Sesungguhnya Malaikat telah menemuiku, lalu berkata, 'Wahai Muhammad, tidakkah engkau merasa senang bahwa Tuhanmu yang Mahaagung telah berfirman, 'Tidak seorang pun dari umatmu  yang membaca shalawat 1 kali, kecuali Aku akan membaca shalawat Sepuluh kali lipat untuknya. Dan tidak seorang pun dari umatmu yang membaca salam sekali untukmu, kecuali Aku akan membaca salam 10 kali lipat untuknya." (HR Ibnu Hibban).

5. Ia bagaikan memerdekakan sepuluh hamba sahaya yang dimerdekakannya karena Allah SWT.
"Barangsiapa membaca shalawat satu kali untukku, maka Allah akan menuliskan sepuluh kebaikan untuknya, menghapuskan sepuluh keburukan darinya, mengangkat sepuluh derajat baginya, dan ia bagaikan (memerdekakan ) sepuluh hamba sahaya." (HR Ibnu Abi Ashim).

6. Membaca shalawat merupakan sebab diampuninya dosa-dosa yaitu berdasarkan keimanan seorang mukmin, kecintaannya dan keikhlasannya dalam membaca shalawat untuk Rasulullah.
"Wahai Abu Kahil, barang siapa membaca shalawat untukku setiap hari sebanyak tiga kali dan setiap malam sebanyak tiga kali, karena cinta dan rindu kepadaku, maka Allah SWT mewajibkan atas diri-Nya untuk mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari tersebut." (HR Ibnu Abi Ashim dan Ath-Thabrani).

7. Membuat shalawat memintakan ampun bagi yang membacanya dan menemaninya dalam alam kuburnya.
Rasul bersabda: "Tidak seorang hamba pun yang membaca shalawat satu kali untukku, kecuali malaikat akan keluar dengan shalawat tersebut dan menghadap kepada Dzat Yang Mahapengasih. Lalu ia berkata, "Wahai Tuhan kami, Mahaluhur Engkau." Kemudian Allah SWT berfirman: "Pergilah dengan shalawat tersebut ke kubur hamba-Ku, dan mintakanlah ampunan untuknya dan tenangkanlah jiwanya."

8. Beliau akan memberikan syafaat kepada orang yang membacanya.

" ....... Dan barangsiapa membaca sgalawat untukku, maka aku akan memberikan syafaat kepadanya pada hari Kiamat." (HR Abu Daud)

9. Dapat menjauhkan seseorang yang membacanya dari kefakiran, mendapatkan limpahan kebaikan dan keberkahan.
Dari Al-Hafizh Abu Musa Al Maldini dengan sanadnya dari Sahl bin Sa'ad, ia berkata Pada suatu ketika , salah seorang sahabat menghadap Rasulullah SAW dan mengadu kepada beliau tentang kefakiran yang dideritanya, kesempitan hidup dan kesulitan mata pencahariannya.

Kemudian beliau menasehatinya. "Apabila kamu masuk ke rumahmu, maka ucapkanlah salam, baik di dalamnya ada orang atau tidak. Lalu ucapkanlah salam untukku dan bacalah 'Qul huwallaahu ahad' satu kali."

Setelah itu, orang tersebut mengamalkan nasehat beliau dan Allah pun melancarkan rezekinya, hingga meluber (memberi berkah) kepada para tetangga dan kerabat-kerabatnya.

10. Mereka yang sering membaca shalawat akan menjadi orang yang paling utama dalam pandangan Rasulullah SAW.
"Orang yang paling utama bagiku pada hari kiamat nanti adalah mereka yang paling banyak membaca shalawat untukku." (HR Tirmidzi).

11. Keberkahan dan kebaikannya akan melimpah pada orang yang membaca shalawat tersebut, kepada anak-anaknya hingga kepada cucu-cucunya.
"Membaca shalawat untuk Rasulullah akan melimpahkan keberkahan pada orang yang membaca shalawat, anak-anaknya dan cucu-cucunya."  (al-Hadist)

Daftar Pustaka

Judul : Macam-macam Bacaan Sholawat Nabi Muhammad SAW dan Artinya

Sumber : www.fimadani.com/bacaan-sholawat-nabi-muhammad-saw/
Rangkuman : Mengucapkan Shalawat untuk Nabi sebaiknya dijadikan sebagai amaln sehari-hari. Karena dalam menjalankan amalan tersebut kita akan ...

Judul : Bacaan Shalawat Nabi Muhammad SAW yang Benar - Doa Qunut

Sumber : www.doa-qunut.com › Bacaan Shalawat
Rangkuman : Shalawat Nabi . Sahabat yang dirahmati Allah SWT. Shalawat sering kita baca setiap hari, terutama didalam sholat. Pada bacaan tasyahud atau tahiyat baik ...

Judul : Bagaimana Cara Shalawat Yang Sesuai Sunnah, Dan Bolehkah ...

Sumber : https://almanhaj.or.id/3275-bagaimana-cara-shalawat-yang-sesuai-sunnah-dan-bolehk...

Judul : Anjuran Bershalawat Kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam ...

Sumber : https://almanhaj.or.id/3276-anjuran-bershalawat-kepada-nabi-shallallahu-alaihi-wa-sal...
Diriwayatkan bahwa makna shalawat Allah kepada Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam adalah pujian Allah atas beliau di hadapan para Malaikat-Nya, sedang ...

Judul : Perbanyaklah Shalawat di Hari Jumat – Rumaysho.Com

Sumber : https://rumaysho.com › Amalan
Rangkuman : Amalan yang satu ini juga mungkin banyak dilalaikan oleh kamu muslimin atau mungkin belum diketahui. Amalan tersebut adalah shalawat ...

Judul : Ini Dia 10 Kedahsyatan Membaca Shalawat Nabi - Sriwijaya Post

Sumber : palembang.tribunnews.com › Lifestyle › Family
Rangkuman : Barangsiapa membaca shalawat satu kali untukku, maka Allah akan menuliskan sepuluh kebaikan untuknya, menghapuskan sepuluh ...

Judul : Ini Keutamaan Membaca Shalawat Nabi SAW di Hari Jumat - Republika

Sumber : m.republika.co.id › Khazanah › Dunia Islam
Rangkuman : Buya Muhammad mengatakan, setiap kali bacaan shalawat atas Nabi Muhammad SAW, akan dibalas dengan 10 kali lipat shalawat dan ...

Judul : Lirik Lagu Shalawat - Ungu - KapanLagi.com

Sumber : https://lirik.kapanlagi.com › Lirik Lagu › u › Ungu › Lirik Lagu Ungu
Rangkuman : Lirik Shalawat oleh Ungu. Dapatkan lirik lagu lain oleh Ungu di KapanLagi.com.

Judul : Muhammadiyah Tidak Alergi Shalawat – Suara Muhammadiyah

Sumber : www.suaramuhammadiyah.id/2017/03/12/muhammadiyah-tidak-alergi-shalawat/
Rangkuman : Pengamalam shalawat tidak harus dalam bentuk ritual khusus. “Jadi tidak benar kalau Muhammadiyah dianggap alergi dengan shalawat.

Judul : Do'a Shalawat Nariyah dan Manfaatnya | Tips dan Trik Seo Blogger ...

Sumber : seoblogger-google.blogspot.com/2016/09/doa-shalawat-nariyah-dan-manfaatnya.html
Do'a Shalawat Nariyah dan Manfaatnya-Biasanya kalau saya pribadi paling suka membaca shalawat diwaktu mau tidur atau pun bangun tidur ...

Judul : Nur Muhammad: Fakta di Balik Shalawat | Bentangkan Idemu

Sumber : bentangpustaka.com/index.php/nur-muhammad-fakta-di-balik-shalawat/
Rangkuman : Shalawat berasal dari bentuk jamak kata salla atau salat yang memiliki arti doa, ibadah, keberkahan, kemuliaan dan kesejahteraan. Shalawat ...

Judul : Keutamaan Shalawat, dan 8 lafadz shalawat yg diajarkan Rasulullah ...

Sumber : https://aslibumiayu.net/4196-keutamaan-shalawat-dan-8-lafadz-shalawat-yg-diajarkan...
 “Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh ...

Judul : Shalawat Asyghil: Sejarah & Isinya | Blog Alhabib

Sumber : blog.al-habib.info/id/2017/04/shalawat-asyghil-sejarah-isinya/
Rangkuman : Dari yang diajarkan Nabi sendiri hingga yang digubah oleh para ulama. Salah satunya adalah “Shalawat Asyghil“. Sholawat ini dahulu amat ...

Judul : Bacaan Shalawat – Yusuf Mansur

Sumber : yusufmansur.com/bacaan-shalawat-2/

Judul : Keutamaan Agung Baca Shalawat Nabi pada Hari Jum'at ...

www.muslimoderat.net › Wirid Dan Dzikir
Rangkuman : Oleh karena itu perbanyaklah membaca sholawat kepadaku pada hari Jumat, karena shalawat kalian akan dipersembahkan kepadaku”.

Judul : Hadiri Haul Gus Dur, Presiden Jokowi Disambut Shalawat

Sumber : https://nasional.tempo.co/.../hadiri-haul-gus-dur-presiden-jokowi-disambut-shalawat
Presiden Joko Widodo menghadiri peringatan atau haul wafatnya mantan Presiden Abdurrahman Wahid atau biasa disapa Gus Dur di ...

Judul : Heboh Shalawat untuk Ahok oleh 'Pengikut' Gus Dur, M Shobary

Sumber : https://www.nahimunkar.com/heboh-shalawat-untuk-ahok-oleh-pengikut-gus-dur-m-...
Heboh Shalawat untuk Ahok oleh 'Pengikut' Gus Dur, M Shobary ... Purnama (Ahok) berlebihan sehingga terlihat menistakan Shalawat Nabi.

Judul : Kejutkan Warganet, Glenn Fredly Lantunkan Shalawat Nabi | Dream ...

Sumber : https://www.dream.co.id/.../merinding-glenn-fredly-melantunkan-shalawat-nabi-1706...
Rangkuman : Glenn Fredly melantunkan Shalawat Nabi dengan suara yang sangat merdu.

No comments

Powered by Blogger.