Makalah tentang Pengertian Agama Islam

makalah pengertian agama dan islam


I. PENDAHULUAN

Segala puji dan syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan karunianya,shalawat serta salam tak lupa selalu kita haturkan pada baginda kita Nabi Muhammad SAW.Agama Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW.

Agama, sebagaimana kita pahami yaitu suatu istilah untuk menunjukkan bahwa adanya hubungan antara manusia dengan Tuhan yang satu ataupun dengan Tuhan  yang lainnya.Juga agama merupakan faktor penting bagi kehidupan setiap individu.Dengan adanya agama, tentu membawa kita pada suatu ajaran atau aturan yang baik,karena sepanjang sejarah setiap agama selalu mengajarkan kebaikan.

Islam adalah rahmat, hidayat, dan petunjuk bagi manusia dan merupakan jalan terbaik sampai akhir zaman juga sebagai penutup semua agama yang telah ada, Islam merupakan agama rahmatan lil a’lamin yang di tujukan untuk semua umat, dibawakan oleh nabi Muhammad SAW yang mendapat wahyu dari Allah.

Untuk mengetahui Islam lebih mendalam maka muncullah ilmu yang dinamakan Studi Islam, akan tetapi Studi Islam itu sendiri merupakan bidang kajian yang cukup lama. Ia telah ada bersama dengan adanya agama islam maka dari itu Studi Islam menimbulkan berbagai permasalahn yang umum diantaranya : apa pengertian Agama Islam itu sendiri, apa saja ruang lingkup yang di bahas di dalam nya, atau objek daripada Studi Islam tersebut,bagaimana juga penamaan Islam,sejarah Agama Islam,karakteristik Islam,dan masih banyak lagi lainnya,yang akan dibahas dalam Metodologi Studi Islam.

Seiring dinamika dan perkembangan zaman, kesempatan untuk mempelajari Studi Islam dapat melalui segala hal, berkaitan dengan persoalan tentang mempelajari Studi Islam, Islam memberikan kesempatan secara luas kepada manusia untuk menggunakan akal pikirannya secara maksimal untuk mempelajarinya, namun jangan sampai penggunaannya melampaui batas dan keluar dari rambu-rambu ajaran Allah SWT.Adapun beberapa pokok penjelasan yang akan disampaikan pemakalah kali ini,diantaranya; pengertian Islam,penamaan Islam, sejarah agama Islam, karakter Islam.Semoga semuanya dapat kita pelajari dengan baik serta bermanfaat bagi kita semua,amin.


II. PEMBAHASAN

A.Pengertian Agama dan Islam
   1.Pengertian Agama

1.a.Ada beberapa pengertian agama menurut bahasa,sebagai berikut:

a.      Menurut bahasa Sangskerta

Agama yang sudah menjadi bahasa Indonesia, secara etimologis berasal dari bahasa Sanskerta yang terdiri dari kata : “a” artinya tidak dan  “gama” artinya kacau. Sehingga  agama berarti tidak kacau. Hal itu mengandung pengertian bahwa agama adalah suatu peraturan yang mengatur kehidupan manusia agar tidak kacau. Sebagian yang lain mengartikan a adalah cara, gama adalah jalan. Agama berarti cara jalan, maksudnya cara menempuh keridhoan Tuhan’[1]

b.      Menurut Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris agama disebut religion berasal dari bahasa latin relegere artinya mengumpulkan, membaca. Religion mengandung pengertian kumpulan cara-cara peribadatan yang terdapat dalam kitab suci yang harus dibaca.

c.       Menurut Bahasa Arab

Dalam bahasa Arab agama adalah Din yang secara etimologis memiliki arti: balasan atau pahala, ketentuan, kekuasaan, pengaturan, perhitungan, taat dan patuh, kebiasaan. Agama memang membawa peraturan, hukum yang harus dipatuhi, menguasai dan menuntut untuk patuh kepada Tuhan yang menjalankan ajarannya, membawa kewajiban yang jika tidak dilaksanakan akan menjadi hutang yang akan membawa balasan baik kepada yang taat, dan memberi balasan buruk kepada yang tidak taat.”[2]

1.b.Pengertian agama menurut para Penulis buku-buku tentang studi Islam,diantaranya:

1.Menurut Hasby as-Shiddiqi

            Secara tertimonologis, Hasby as-Shiddiqi mendefinisikan agama sebagai dustur (undang-undang) ilahi yang di datangkan Allah untuk menjadi pedoman hidup dan kehidupan manusia di alam dunia untuk mencapai kerajaan dunia dan kesentosaan di akhirat. Agama adalah peraturan Tuhan yang di berikan kepada manusia yang berisi sistem kepercayaan, sistem penyembahan dan sistem kehidupan manusia untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.

2.  Menurut Endang Saefudin Anshari

Endang Saefudin Anshari menyimpulkan bahwa agama meliputi : sistem kredo kepercayaan atas adanya sesuatu yang mutlak di luar manusia, sistem ritus tata cara peribadatan manusia kepada yang mutlak, dan sistem norma atau tata kaidah yang mengatur hubungan manusia dan hubungan dengan alam lainnyasesuai dan sejalan dengan tata keimanan dan tata peribadatan tersebut” [3].


B.   Pengertian Islam


Menurut Rusydi Sulaiman, didalam bukunya Pengantar Metodologi Studi Sejarah Peradan Islam,yang pengertian Islam sendiri adalah suatu ajaran atau agama yang identik dengan penguatan suatu ilmu pengetahuan,dengan jalan memperoleh sejumlah referensi keilmuan untuk mempelajari daripada sumber Islam itu sendiri’[4]. Islam (al-islām, الإسلام   "berserah diri kepada Tuhan) adalah agama yang mengimani satu Tuhan, yaitu Allah,lalu menjadikan Islam sebagai agama terbesar kedua di dunia setelah agama Kristen.

Islam memiliki arti "penyerahan", atau penyerahan diri sepenuhnya kepada (الله, Allāh). Pengikut ajaran Islam dikenal dengan sebutan Muslim  yang berarti "seorang yang tunduk kepada Tuhan", atau lebih lengkapnya adalah Muslimin bagi laki-laki dan Muslimat bagi perempuan. Islam mengajarkan bahwa Allah  menurunkan Firman-Nya kepada manusia melalui para nabi dan Rasul  utusan-Nya, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa Muhammad adalah nabi dan rasul terakhir yang diutus ke dunia oleh Allah’[5]

a. Islam Secara Etimologi

            Berdasarkan ilmu bahasa (etimologi) kata “islam” berasal dari bahasa Arab, yaitu kata salima yang berarti selamat, sentosa, dan damai. Dari kata itu terbentuk kata aslama-yuslimu islaaman, yang berarti juga menyerahkan diri, tunduk, patuh, dan taat. Sedangkan muslim yaitu orang yang telah menyatakan dirinya taat, menyerahkan diri, patuh, dan tunduk kepada Allah SWT.

b. Islam Secara Terminilogi

Secara istilah (tertimologi), islam berarti suatu nama bagi agama yang ajaran-ajarannya di wahyukan Allah kepada manusia melalui seorang rasul. Ajaran-ajaran yang di bawa oleh islam merupakan ajaran manusia mengenai berbagai segi dan kehidupan manusia. Islam merupakan ajaran yang lengkap, menyuluruh, dan sempurna yang mengatur tata cara kehidupan seorang muslim baik ketika beribadah maupun ketika berinteraksi dengan lingkunganya.

Cukup banyak para ahli dan ulama yang berusaha merumuskan definisi islam secara teminilogi. Namun yang dapat kita ketahui bahwa agama islam adalah wahyu yang di turunkan oleh Allah SWT kepada rasul-Nya untuk di sampaikan kepada segenap umat manusia sepanjang masa.


C.Penamaan Islam

Sejarah penamaan Islam dalam beberapa studinya sering kali kita temukan sebagai suatu pengertian yang mudah dipahami,yangmana penjelasannya dapat dikatakan sederhana atau bahkan lebih jelas dengan penelitiannya,dikarenakan  pengamatnya sendiri bukan orang muslim,yaitu para orientalis atau para penulis barat,mereka lebih memiliki tekhnologi dalam setiap penilitian.

Seperti yang dituliskan oleh Dr.Muhaimin dkk,yang dimuat dalam bukunya Studi Islam,yang diambil dari buku The Meaning and End of Religion,yang dituliskan oleh Wilfred Cantweel Smith,ia mengatakan “the first observation is that of all the world’s religious traditions, the islamic would seem to be the one with a built-in name.The world islam occurs in the quran itself ,and muslim are insistent on using this term to designater their  system of faith.In contrast to what has happened  with other religious communities”

(Pengamatan pertama ialah, bahwa dari semua tradisi keagamaan di dunia,tradisi islam akan tampak sebagai satu-satunya nama yang terpasang tetap.Kata Islam sendiri terdapat dalam al-quran,dan orang-orang Islam teguh menggunakan istilah itu untuk mengenal sistem keimanan mereka.Berbeda dengan apa yang terjadi pada masyarakat agama lain)[6].Dari pendapat tersebut bahwa sesungguhnya agama Islam itu bukanlah suatu agama yang dinamakan sesuai dengan pembawanya,atau bukan agama “Muhammadism” sebagaimana yang ditulis oleh para penulis barat(orientalist).
Kemudian ayat-ayat terkait penamaan Islam banyak sekali kita jumpai dalam al-quran,diantaranya:
  • 1."Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam." (QS Ali Imran : 19)
  • 2. "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan     kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu." (QS Al-Maidah : 3)
  • 3. "Dan barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi." (QS Ali Imran : 85).

D.Sejarah Agama Islam

Jazirah Arab sebelum kedatangan Islam merupakan sebuah kawasan yang sangat mundur bahkan terpuruk dalam hal peradaban. Kebanyakkan orang Arab merupakan penyembah berhala dan yang lain merupakan pengikut agama Kristen dan Yahudi . Mekah ketika itu merupakan tempat suci bagi bangsa Arab. karena di tempat tersebut terdapat berhala-berhala agama mereka dan juga terdapat Sumur Zamzam dan yang paling penting adalah Ka'bah.

Nabi Muhammad saw dilahirkan di Makkah pada Tahun Gajah yaitu pada tanggal 12 Rabi'ul Awal atau pada tanggal 21 April (570 atau 571 Masehi). Nabi Muhammad merupakan seorang anak yatim sesudah ayahnya Abdullah bin Abdul Muttalib meninggal ketika ia masih dalam kandungan dan ibunya Aminah binti Wahab meninggal dunia ketika ia berusia 7 tahun. Kemudian ia diasuh oleh kakeknya Abdul Muthalib. Setelah kakeknya meninggal ia diasuh juga oleh pamannya yaitu Abu Talib. Nabi Muhammad kemudiannya menikah dengan Siti Khadijah ketika ia berusia 25 tahun. Ia pernah menjadi penggembala kambing.

Nabi Muhammad pernah diangkat menjadi hakim.pada usia 35 tahun, kota mekkah dilanda banjir, Ia tidak menyukai suasana kota Mekah yang dipenuhi dengan masyarakat yang memiliki masalah sosial yang tinggi. Selain menyembah berhala, masyarakat Mekah pada waktu itu juga mengubur bayi-bayi perempuan. Nabi Muhammad banyak menghabiskan waktunya dengan menyendiri di gua Hira untuk mencari ketenangan dan memikirkan masalah penduduk Mekah. Ketika Nabi Muhammad berusia 40 tahun, ia didatangi oleh Malaikat Jibril. Setelah itu ia mengajarkan ajaran Islam secara diam-diam kepada orang-orang terdekatnya yang dikenal sebagai "as-Sabiqun al-Awwalun(Orang-orang pertama yang memeluk agama Islam)" dan selanjutnya secara terbuka kepada seluruh penduduk Mekah, setelah turun wahyu al-quran surat al hijr ayat 94.

Pada tahun 622, Nabi Muhammad dan pengikutnya pindah dari Mekah  ke Madinah. Peristiwa ini dinamai Hijrah Semenjak peristiwa itu dimulailah Kalender Islam atau kalender Hijriyah.

Penduduk Mekah dan Madinah ikut berperang bersama Nabi Muhammad saw. dengan hasil yang baik walaupun ada di antaranya kaum Islam yang tewas. Lama kelamaan para muslimin menjadi lebih kuat, dan berhasil menaklukkan Kota Mekah. Setelah Nabi Muhammad s.a.w. wafat, seluruh Jazirah Arab di bawah penguasaan Islam

E.Karakteristik Agama Islam

Karakteristik Agama Islam dapat di artikan sebagai ciri yang khas yang mempelajari tentang berbagai ilmu pengetahuan dan kehidupan manusia dalam berbagai bidang agama, muamalah (kemanusiaan), yang di dalamnya termasuk ekonomi, sosial, politik, pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan disiplin ilmu yang baik dan benar.

Ada 6 karakteristik Islam, di antaranya :
  • 1.Islam Agama Fitroh
  • 2.Islam Agama Rasional
  • 3.Islam Agama Moderat
  • 4.Islam Agama Mudah
  • 5.Islam Agama Tauhid
  • 6.Islam Agama yang Sempurna


  • [1] Muhaimin,dkk,Studi Islam,cetakan ke-5(Jakarta,Kencana,2017),hlm.33.
  • [2] https://www.google.co.id/#q=arti+agama+dalam+bahasa+sansekerta, diakses pada 11-04-2017
  • [3] http://www.definisi-pengertian.com/2016/02/pengertian-agama-definisi-menurut-ahli.html, diakses pada 12-04-2017.
  • [4] Rusydi Sulaiman,Pengantar Metodologi Studi Sejarah Peradaban Islam,cetakan 1(Jakarta,Rajawali Pers,2014).hlm.242
  • [5] https://www.google.co.id/#q=agama+terbesar+di+dunia, diakses pada 12-04-2017
  • [6] Muhaimin,dkk,Studi Islam,cetakan ke-5(Jakarta,Kencana,2017),hlm.65.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Fikih dalam kehidupan Sehari-hari dan Sumber Hukumnya

Contoh Syariah dalam kehidupan Sehari-hari

Buah Khuldi itu sebenarnya Buah Apa Sih? Ini Faktanya